Resep rumahan cara membuat kerak telor sederhana khas betawi yang enak

Resep rumahan cara membuat kerak telor sederhana khas betawi yang enak. Mungkin anda sudah pernah mencicipi makanan kerak telor? Kerak telor adalah makanan atau jajanan tradisional khas betawi yang memang sudah sangat terkenal. Saat ini mungkin sudah semakin jarang pedagang-pedagang yang menjajakkan kerak telor, kalaupun ada mungkin hanya di beberapa tempat tertentu, seperti di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan beberapa titik di ibu kota.
Bila kita melihat para penjual kerak telor saat melayani para pembeli, nampaknya cara membuat kerak telur ini terlihat sangat sederhana dan mudah sekali. Oleh karena itu anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain resep dan cara membuatnya yang simpel, bahan-bahan yang dibutuhkan pun terbilang cukup mudah untuk didapatkan. Dengan sedikit lebih ulet, kita pun dapat membuat kerak telor sendiri di rumah dengan bahan dan peralatan yang seadanya.
Salah satu ciri khas dari makanan kerak telor ini adalah menggunakan serundeng sebagai salah satu bahan utamanya. Serundeng adalah hasil olahan dari kelapa parut yang diberi bumbu-bumbu tambahan, daun bawang, ikan teri kering, dan ebi.  Selain rasanya yang guri dan khas juga memiliki aroma cita rasa yang didominasi oleh rasa ebi. Bagi kalian yang baru mencobanya, pasti akan ketagihan dengan kelezatan dari jajanan khas betawi ini.
http://www.menjualkerupuk.com/2016/11/resep-rumahan-kerak-telor.html

Resep kerak telor khas betawi yang sederhana dan lezat
Cara membuat kerak telur sebenarnya relatif mudah, dengan beberapa penyesuaian kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Bila dalam pembuatan kerak telor menggunakan panas dari arang batok kelapa, jika terlalu ribet kita bisa menggunakan kompor gas dengan volume api kecil sehingga  mendapatkan panas yang pas. Namun memang cara ini tidak dapat menggantikan rasa yang dihasilkan dari penggunaan arang batok.
Berikut ini resep sederhana cara membuat sederhana kerak telor khas betawi:
Bahan-bahan yang dibutuhkan kerak telor:

  • Beras ketan putih 1 gelas, cuci bersih dan rendam dalam air selama minimal 3 jam atau agar hasilnya lebih bagus rendam semalaman. 
  • Telur itik 4 butir 
  • Kelapa ½ butir, diparut 
  • Bawang goreng kering siap pakai 1 bks 
  • Ebi 6 sendok makan, disangrai dan dihaluskan 
  • Gula pasir 2 sendok teh 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Bahan-bahan bumbu yang dihaluskan:
  • Cabe merah keriting 5 buah 
  • Bawang merah 3 siung 
  • Bawang putih 1 siung  
  • Lada ½ sendok teh 
  • Kencur 2 butir 
  • Jahe 2 cm
Cara membuat kerak telor sederhana khas betawi yang enak:
  1. Pertama-tama, kita buat serundengnya terlebih dulu. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga beraroma harum. Kemudian masukkan kelapa parut, gula pasir, garam, dan 2 sendok makan ebi halus. Lalu masak menggunakan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga kelapa parut tersebut matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan, serta mengeluarkan aroma wangi khas serundeng. Lalu angkat dan sisihkan. 
  2. Langkah selanjutnya panaskan wajan, sebaiknya gunakan wajan kecil dengan bentuk yang cekung. Kemudian ambil dan tuangkan satu sendok sayur beras ketan yang telah direndam, tuangkan juga air rendamannya sebanyak satu sendok sayur. Lalu tutup wajan dan masak hingga airnya menyusut dan agak kering. 
  3. Setelah itu, masukkan serundeng 2 sendok makan, ebi halus 1 sendok makan, bawang goreng 1 sendok makan, dan telur itik 1 butir. Aduk agar merata dan lebarkan hingga ke pinggir penggorengan wajan dan membentuk dadar tipis. 
  4. Lalu masak hingga mengering dan harum khas aroma telur dadar. Balikkan wajan sehingga tertelungkup dan api membakar permukaan kerak telur. Bakar beberapa saat hingga kerak telor berubah warna menjadi kecoklatan, namun jangan sampe gosong. 
  5. Untuk mengangkatnya bisa menggunakan kapi atau spatula sehingga kerak telor bisa terlepas dari wajan. 
  6. Terakhir, taburkan bawang goreng dan serundeng. Sajikan dan nikmati selagi hangat.
Cara membuat kerak telor ini sebenarnya sangat sederhana dan gampang sekali, hanya saja pembuatan serundengnya yang memakan waktu terlalu lama karena serundeng harus benar-benar kering sehingga teksturnya mirip dengan abon. Bila serundengnya benar-benar kering, maka kerak telor yang dihasilkan pada nantinya akan bisa gurih dan teksturnya bagus. 

Itulah resep rumahan cara membuat kerak telor sederhana khas betawi yang enak, dan gurih. Selamat mencoba!! Jangan lupa baca juga artikel selanjutnya “Resep bikin tahu sumedang goreng crispy”.

0 Response to "Resep rumahan cara membuat kerak telor sederhana khas betawi yang enak"

Post a Comment