Cara membuat kerupuk goreng pasir / kerupuk melarat

Siapa tak tahu kerupuk? Makanan murah meriah ini memang sangat digemari banyak orang. Banyak sekali jenis kerupuk yang ada disekitar kita. Dan dari sekian banyak kerupuk tersebut ada kerupuk yang cukup unik, yakni kerupuk goreng pasir. Kerupuk yang dikenal sebagai ‘kerupuk melarat’ ini berasal dari desa – desa atau kampung dari berbagai daerah. Kerupuk renyah dengan rasa gurih dan asin ini memang cukup digemari oleh masyarakat. Namun apakah kebanyakan dari anda mengetahui bagaimana cara membuat kerupuk goreng pasir ? Tentu hal ini tak terpikirkan. Jika belum, berikut adalah cara pembuatan kerupuk : 

http://menjual-kerupuk.blogspot.com/2014/05/membuat-kerupuk-goreng-pasir.html

Pertama, siapkan alat dan bahan. Bahan untuk pembuatan kerupuk ini berupa : Tepung tapioka, Garam,dan Bawang. Untuk alat pembuatan cukup sediakan pisau, timbangan, tampah. Setelah semua alat dan bahan terkumpul maka siaplah kita untuk membuat kerupuknya. Cara membuat kerupuk goreng pasir ini diawali dengan menyiapkan tepung tapioka,  garam sebanyak 4,5 kg, serta bawang sebanyak 1 kg yang telah dihaluskan. Kemudian, campur semua bahan - bahan tersebut. Aduk hingga tercampur semua atau sampai merata. Letakkan pada sebuah cetakan dengan ukuran 150cm x 250cm. Sebagian tepung yang telah tercampur bumbu kemudian ‘dicor’ dengan air mendidih.
    
Pengecoran ini dilakukan dengan ketinggian air yang dikocorkan berada pada ketinggian 1 meter di atas tepung. Air mendidih yang diperlukan sebanyak 3 ember. Yang terjadi kemudian adalah tepung yang telah dicor akan berubah menjadi gumpalan semacam kanji yang mengental. Nah, kanji yang mengental inilah yang menjadi bahan pembuat krupuk. Jadi, caranya untuk membuat krupuk goreng pasir adalah dengan mencapur kanji yang telah dibuat dengan sisa tepung yang tidak dicor. Buat gelondongan dari bahan gumpalan kanji dan tepung. Aduk - aduk hingga mengeras. Setelah gelondong dirasa cukup keras, maka gelondongan tersebut bisa diiris tipis. Besar kecilnya ukuran krupuk tergantung selera.

Setelah diiris krupuk yang belum jadi tersebut ditata di atas tampah dengan jumlah secukupnya antara 15 - 20 irisan. Tutup irisan kerupuk tersebut hingga matang. Tapi perlu diingat jangan terlalu lama dalam menutup kerupuknya. Karena bila terlalu matang maka akan berakibat kerupuk akan memiliki kualitas yang jelek. Setelah proses pematangan yang dirasa cukup, irisan kerupuk kemudian dipindahkan dari tampah ke wadah yang lain. Pindahkan dengan hati - hati. Setelah itu jemur irisan kerupuk  hingga kering. Setelah kering maka kita tinggal menggorengnya. Nah dalam menggoreng kerupuk ini cukup unik. Yaitu menggunakan pasir sungai yang telah dibersihkan.

Goreng krupuk ini menggunakan pasir sungai dalam keadaan panas. Memang terkesan aneh, tapi menggoreng menggunakan pasir ini sangat terbukti dapat membuat kerupuk ini memiliki cita rasa yang unik. Selain renyah tentu kerupuk ini tidak mengandung lemak – lemak jahat layaknya kita menggoreng menggunakan minyak goreng. Meskipun tidak menggunakan minyak, kerupuk ini dapat mengembang setelah digoreng. Rasa yang dihasilkan sangatlah unik, antara asin, gurih dan renyah menjadi satu.   Karena hal inilah kenapa kerupuk ini disebut Kerupuk Melarat. Nah, begitulah cara membuat kerupuk goreng pasir atau yang biasa disebut kerupuk melarat. 

Baca juga artikel lainnya "cara menggoreng kerupuk kulit"

0 Response to "Cara membuat kerupuk goreng pasir / kerupuk melarat"

Post a Comment